Optimalkan Ruang Rumah Idaman Anda

interior rumah idaman

Memiliki rumah yang lapang dan luas adalah idaman setiap orang, tapi bagi kita yang hanya memiliki lahan yang sempit bukanlah halangan untuk membuat rumah idaman tersebut. Lahan yang sempit bisa dioptimalkan dengan cara mengatur tata ruang yang tepat dan sesuai dengan fungsinya. Banyak cara bisa dilakukan untuk menyiasati lahan terbatas agar tampak luas dan lapang. 

Berikut tips membuat ruangan rumah idaman anda tekesan lapang dan luas: 
  1. Pilih furnitur yang sederhana, desain yang sederhana dapat memberikan kesan luas. Karena kalau menggunakan desain yang banyak unsur detail, biasanya membutuhkan area yang sedikit lebih luas. Pilihlah furnitur yang memiliki desain simpel yang senada dengan desain rumah dan kalau bisa multifungsi. Manfaatkanlah setiap celah ruangan untuk menempatkan perabotan rumah.
  2. Gunakan warna yang lembut. Warna yang lembut memang ada kecenderungan memberikan efek yang tidak sempit pada sebuah ruangan, tapi bukan berarti kita tidak boleh bermain dengan warna-warna keras pada bagian tertentu. Tinggal Anda yang menentukan komposisi permainan warna tersebut supaya tetap bisa memberikan rasa dan efek segar yang luas. 
  3. Jika rumah anda bertingkat, manfaatkan ruang bawah tangga sebagai ruang penyimpanan atau sebagai toilet. Keberadaan ruang bawah tangga acapkali tidak efektif, Padahal, area ini bisa digunakan sebagai toilet yang bisa digunakan oleh tamu. 
  4. Optimalkan cahaya alami yang masuk. Cahaya alami akan membuat ruang terlihat lebih lapang dan segar, sementara penggunaan beberapa lampu akan mencipta kesan hangat dan ramah. 
  5. Salah satu faktor utama untuk membuat ruang sempit berkesan lapang adalah kerapihan. Jadi, pastikan Anda memiliki tempat-tempat untuk menampung barang-barang yang sering tercecer, misal, bak khusus pakaian kotor, tempat sepatu, dan sebagainya.
Itulah beberapa tips meoptimalkan ruang pada rumah idaman anda, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment