Tips Memilih Denah Rumah Sederhana

Hal yang paling dasar dalam membangun rumah adalah menentukan denah rumah atau tata letak ruang rumah tersebut. Jika anda berencana membuat rumah sederhana maka anda harus mencari referensi tentang denah rumah sederhana tersebut. Anda bisa mencari refensi dari majalah, buku atau dari internet, banyak sekali gambar-gambar denah rumah sederhana yang bisa Anda pilih. Tentu tidak semua sesuai dengan selera Anda dan keluarga Anda. Berikut saya akan berikan tips bagaimana memilih gambar denah rumah sederhana yang tepat agar Anda bisa langsung memulai membangun rumah.

Denah rumah sederhana
Denah rumah sederhana. sumber: koleksigambarrumah.com

Tips Memilih Denah Rumah Sederhana

  1. Kumpulkan semua gambar denah rumah yang anda dapat dari internet, majalah atau buku dan pilihlah desain mana yang menurut anda sesuai dengan selera dan kebutuhan untuk keluarga anda.
  2. Denah rumah yang dipilih harus memperhatikan kesesuaian dan keteraturanantara ruangan yang satu dengan yang lainnya, idealnya rumah harus memiliki teras, ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan kamar yang cukup bagi keluarga anda, serta tersedianya sanitasi yang baik.
  3. Pilihlah denah rumah yang sesuai dengan ukuran tanah yang anda miliki. Misalnya anda memiliki luas tanah 200 m2, berarti denah rumah yang anda pilih harus sama atau kurang dari 200 m2. 
  4. Hendaknya denah rumah sederhana yang anda pilih sudah memenuhi syarat rumah sehat, yaitu tersedianya pencahayaan alami, sirkulasi udara yang baik dan memiliki taman walau ukuran taman tersebut kecil. 
  5. Seseuaikan luas denah rumah yang anda pilih dengan budget dana yang anda miliki, jangan memilih denah yang terlalu luas jika dana yang anda miliki terbatas. Anda bisa minta bantuan konsultan/arsitek untuk menghitung anggaran biaya pembangunan rumah anda.
Memilih denah rumah sederhana memang sering membuat kita bingung, semoga tips diatas bisa membantu anda dalam membangun dan memilih desain rumah.

No comments:

Post a Comment