Kriteria dan Syarat Rumah Sehat Sederhana

syarat rumah sehat

Sekarang perumahan - perumahan sederhana menjamur dimana-mana, apalagi saat bunga KPR turun orang-orang kelas menengah kebawah berebut untuk memilikinya. Tapi banyak para pengembang dalam membangunnya mengabaikan syarat rumah sehat dengan alasan lahan terbatas dan lain sebagainya, padahal hal itu sangat penting bagi penghuninya kelak. Apasaja kriteria dan syarat sebuah rumah agar dapat menjadi rumah yang sehat berikut penjelasannya.

1. Syarat rumah sehat mempunyai  sirkulasi udara (ventilasi) yang baik dan cukup agar aliran udara di dalam rumah tersebut tetap segar Kurangnya ventilasi akan menyebabkan kurangnya O2 di dalam rumah yang berarti kadar CO2 yang bersifat racun bagi penghuninya menjadi meningkat dan membuat rumah menjadi pengap dan sesak. Di samping itu tidak cukupnya ventilasi akan menyebabkan kelembaban udara di dalam ruangan naik karena terjadi proses penguapan cairan dari kulit dan penyerapan.  

rumah sehat

2. Rumah yang sehat juga harus mendapat pasokan cahaya yang cukup. Kurangnya cahaya yang masuk kedalam rumah akan mempermudah bibit penyakit untuk berkembang biak dalam rumah anda. Perlu diperhatikan di dalam membuat jendela diusahakan agar sinar matahari dapat langsung masuk ke dalam ruangan, tidak terhalang oleh bangunan lain. Fungsi jendela di sini disamping sebagai ventilasi juga sebagai jalan masuk cahaya. Lokasi penempatan jendela pun harus diperhatikan dan diusahakan agar sinar matahari lama menyinari lantai (bukan menyinari dinding).

3. Tersedianya aliran air bersih yang cukup dan system pembuangan kotoran yang baik, lingkungan tempat tinggal yang baik serta  harus memenuhi persyaratan kebersihan baik itu dapur ataupun MCK yang ada pada rumah tersebut. Tersedianya cahaya matahri yang cukup pada kamar mandi juga merupakan hal yang penting, jika cahaya kurang akan menyebabkan keadaan lembab dan meninggalkan jamur, berikan sedikit celah agar sinar matahari dapat masuk.

4.  Lantai rumah mengunakan bahan yang tidak berdebu pada musim kemarau dan tidak becek pada musim hujan. Lantai yang basah dan berdebu merupakan sarang penyakit.

Selain 4 hal diatas Luas bangunan juga menjadi syarat rumah sehat. Rumah harus cukup untuk penghuni di dalamnya, artinya luas  bangunan tersebut harus disesuaikan dengan jumlah penghuninya.


1 comment: