Tahap-Tahap Perencanaan Rumah Dari Awal

Perencanaan rumah sangatlah diperlukan karena ini akan berdampak pada biaya pembangunan dan kenyamanan saat menghuninya. berikut ini akan dijabarkan tahap-tahap perencanaan rumah dari awal.

survey perencanaan rumah

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah survey lokasi/lahan rumah. Survey dilakukan untuk mengetahui luas lahan, batas-batas tanah, level elevasi lahan yang akan dibangun rumah dan kalau perlu dilakukan juga penyelidikan tanah untuk mengetahui daya dukung tanah jika rumah tersebut dibangun diatas tanah lunak atau tanah rawa.  

Tahap kedua setelah survey adalah tahapan desain. Pada tahap ini tentukan desain rumah yang anda inginkan, mau model rumah sederhana atau model rumah yang sedang menjadi tren saat ini yaitu model rumah minimalis. Desain luas rumah dan tentukan jenis pondasi yang dipakai dengan menggunakan data hasil survey yang telah dilakukan sebelumnya.

perhitungan RAB pada perencanaan rumah

Setelah tahapan desain selesai kemudian dilanjutkan dengan perhitungan rencana anggaran biaya (RAB). Hitung RAB berdasarkan gambar desain baik itu gambar arsitektur atau gambar detail struktur guna memperoleh hasil hitungan yang tepat. Dengan adanya RAB kita dapat mengetahui seberapa besar budget yang harus kita keluarkan untuk membangun sebuah rumah.

Jika RAB sudah selesai, anda dapat meminta jasa kontraktor atau pemborong untuk membangun rumah anda sesuai dengan RAB dan desain yang telah anda buat. Pilih kontraktor yang berpengalaman dan benar-benar bonafit, karena banyak kontraktor yang asal-asalan dalam mengerjakan pembangunan rumah, jangan sampai anda salah pilih karena ini berdampak pada biaya dan kualitas bangunan rumah itu sendiri. Awasi benar-benar pembangunannya.

Demikianlah penjabaran tahap-tahap perencanaan rumah, semoga bermanfaat.







No comments:

Post a Comment