Buat Tangga Rumah Anda Menjadi Nyaman


Keberadaan tangga rumah sangatlah penting bagi rumah bertingkat, tangga rumah berfungsi untuk menghubungkan satu lantai ke lantai yang lain. Tangga rumah harus didesain baik-baik agar mendapatkan kenyamanan dan dapat memperindah interior rumah kita. Desain tangga yang baik dimulai dengan perhitungan matematis yang sempurna.

tangga rumah sederhana


  Tangga rumah yang baik adalah tangga yang tidak membuat kita capek saat berjalan diatasnya. Walupun tampaknya sepele, mendesain tangga rumah yang baik merupakan hal yang sangat membingungkan. Terlebih, jika rumah kita tergolong rumah berukuran kecil. Kita akan dihadapkan pada penempatan posisi tangga serta ukuran yang membuat kita harus berpikir extra.

desain tangga rumah minimalis

Jumlah dan tinggi anak tangga juga harus diperhatikan, kalau Anda salah menghitung jumlah/tinggi anak tangga, serta kebutuhan ruang untuk tangga, rumah menjadi tidak nyaman. Idealnya tinggi anak tangga adalah 20 – 25 cm, tetapi lebih dari 25 cm akan membuat orang lama-lama cepat capek. Lebar anak tangga setidaknya 25 cm, agar cukup untuk tapak kaki untuk berpijak, kurang dari 25 cm bisa membahayakan dan membuat anda tepeleset. Lebar minimal tangga menyesuaikan dengan lebar badan orang yang melintasi tangga tersebut. Lebar minimal tangga rumah untuk orang indonesia adalah 80 cm.

tangga rumah modern

Dalam desain tangga harus diperhatikan struktur keamanan tangga dan keindahannya. Seiring perkembangan zaman, tangga kini pun kerap dijadikan elemen penambah nilai estetika hunian. Memadukan baja ekspos sebagai struktur utama tangga yang dibuat melayang mungkin menjadi pemilihan yang tepat untuk model rumah bergaya minimalis. Struktur tangga yang baik dan tidak retak, tidak akan menimbulkan rasa takut saat kita berjalan di atasnya. tangga harus mampu menopang beban diam dan bergerak. Beban diam dalam arti tangga itu sendiri. Sementara beban geraknya adalah apa pun yang melewati tangga tersebut.

tangga rumah minimalis

Bentuk tangga rumah dapat dipilih sesuai selera tapi tetap harus mempertimbangkan syarat kenyamanan. Sesuaikan warnanya dengan warna dan konsep desain interior rumah anda agar terlihat lebih menyatu dan nilai estitikanya pun didapat. Untuk menambah rasa aman ketika berjalan diatasnya anda dapat menambahkan railing yang terbuat dari besi, kaca atau kayu. Perhatikan juga kebersihannya agar lebih nyaman melintas diatas tangga tersebut.

1 comment:

  1. nice share gan. bener banget nih, kenyamanan tangga memang penting sekali karena faktor keselataman untuk yang menggunakannya, terutama untuk kawula lansia dan anak kecil

    oh iya gan yuk disimak juga informasi properti berupa rumah nih barangkali ada yang lagi cari rumah bisa cek disini gan


    rumah disewakan
    rumah jogja
    iklan rumah
    jual rumah surabaya

    thanks gan :)

    ReplyDelete